Alamat: Jl.Gunung Leuser, Kec.Rambutan, Kota Tebing Tinggi
Email: dinsostbt@gmail.com Telepon: 0621-23132

STANDAR PELAYANAN REKOMENDASI BPJS KESEHATAN

Dinas sosial tebing tinggi - STANDAR PELAYANAN REKOMENDASI BPJS KESEHATAN

PENERBITAN REKOMENDASI BPJS KESEHATAN

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  • Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial;
  • Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  • Peraturan Wali Kota Tebing Tinggi Nomor 24 Tahun 2021 tentang Tugas, Fungsi, Tata Kerja dan Rincian Tugas Jabatan Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi.

2.

Persyaratan Pelayanan

  • Penerima/Pengguna Layanan hadir langsung di Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi, menunjukkan identitas dan mengisi buku tamu.
  • Melengkapi berkas persyaratan seperti Fotocopy KTP, Fotocopy KK, Surat Keterangan dari Kelurahan yang diketahui Camat. 

(Informasi/data yang diminta dalam kewenangan Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi).

3.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  • Penerima/Pengguna Layanan datang langsung ke Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi dengan menunjukkan identitas;
  • Kepala Dinas Sosial memberikan disposisi surat permohonan kepada Kepala Bidang yang bersangkutan;
  • Kepala Bidang memberikan disposisi/menugaskan Pegawai yang berkompeten untuk melakukan verifikasi dan validasi data serta pemeriksaan lapangan;
  • Pejabat/Pegawai yang ditunjuk melaksanakan tugas memberikan hasil pemeriksaan dan usul rekomendasi kepada Kepala Dinas;
  • Kepala Dinas Sosial menerbitkan Surat Rekomendasi BPJS Kesehatan;
  • Rekomendasi BPJS Kesehatan disampaikan kepada Penerima/Pengguna Layanan.

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

  • 15 Menit
  • Setiap Bulan Dinas Sosial menyampaikan hasil rekapitulasi Usul BPJS Kesehatan kepada Dinas Kesehatan.

5.

Biaya/Tarif

Rp 0,- (GRATIS)

6.

Produk Pelayanan

  • Dinas Sosial menerbitkan Rekomendasi BPJS Kesehatan;
  • Dinas Sosial menyampaikan Rekapitulasi Usul BPJS Kesehatan Kepada Dinas Kesehatan.

7.

Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan

  • Menyampaikan secara tertulis melalui bentuk surat ditujukan kepada Kepala Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi;
  • Menyampaikan melalui website http://dinsos.tebingtinggikota.go.id/ atau email dinsostbt@gmail.com ;
  • Menyampaikan melalui Aplikasi e-LAPOR;
  • Menyampaikan melalui Kotak Saran di Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi.
  • No WA (081260136081) No Hp (089652011909)

8.

Sarana, Prasana dan/atau Fasilitas

Sarana,  Prasarana dan/atau  Fasilitas  yang  ada  di  Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi.

  • Komputer
  • Printer
  • Jaringan

9.

Kompetensi Pelaksana

  • Terampil   mengoperasikan   komputer   dan   teknologi informasi;
  • Mampu bersikap sopan, ramah dan komunikatif
  • Disiplin dan taat waktu pelayanan

10.

Pengawasan Internal

Berjenjang mulai  dari  Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Kepala  Bidang, Sekretaris, sampai Kepala Dinas

11.

Jumlah Pelaksana

  • Petugas Front Office 2 Orang
  • Jabatan pelaksana 2 Orang
  • Jabatan Fungsional 6 Orang

12.

Jaminan Pelayanan

  • Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP);
  • Adanya Kode Etik Pegawai;
  • Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon.

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  • Setiap identitas klien akan dijaga kerahasiannya;
  • Jika dalam berkas permohonan ada nomor telepon pemohon, maka akan dihubungi lewat telepon.

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Rapat koordinasi intern rutin setiap bulan dan incidental terkait program kegiatan dan pelayanan;
  • Melalui  Survey  Indeks  Kepuasan  Masyarakat  (IKM) secara rutin dan berkelanjutan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan kinerja pelayanan